Latest
Loading...

Games

Tutorial

Featured Post

Rainbow Six: Siege "Kebodohan yang begitu nyata"

Rainbow Six Siege telah menjadi salah satu game tembak-menembak taktis yang paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Dikembangkan oleh ...

Among Us "Di sinilah Persahabatan Kita Di Uji!"

Among Us "Di sinilah Persahabatan Kita Di Uji!"


Beberapa waktu ini publik dihebohkan dengan game bernama Among Us. Sebuah game bernama Among Us akhir-akhir ini menjadi ramai dibicarakan.

Bagaimana tidak, game Among Us menjadi viral semenjak sejumlah YouTuber bermain game 'penguji persahabatan' ini. Game ini juga dimainkan oleh member boyband EXO, Chanyeol serta sosok Najwa Shihab juga dibuat penasaran dengan Among Us, lho!

Game ini telah launching pada Juni 2018 silam. Namun, menjadi viral kini karena selain dimainkan oleh para YouTuber gaming, game ini dapat menjadi teman mengisi waktu disaat pandemi Covid-19.

Game buatan Innersloth ini pada dasarnya sama dengan game Warewolf. Dikutip dari laman resminya, game Among Us merupakan permainan multiplayer yang membutuhkan kerja tim dan pengkhianatan.

____________________________________________________________________________

Nantinya, para pemain Among Us akan menjadi alien yang berada di dalam pesawat untuk melaksanakan misi. Namun, di antara para kru tersebut, terdapat impostor (pengkhianat).

Para crewmate wajib berhati-hati terhadap para impostor karena tidak dapat membedakan siapa 'teman' sebenarnya.

Game ini tergolong cukup mudah dimainkan. Selama permainan, para pemain baik crewmate maupun impostor, dapat memanfaatkan peta yang berada di sisi kanan layar. Di dalam peta tersebut, terdapat tanda di mana para crewmate harus menjalankan misi.

Terdapat beberapa misi yang harus dijalani oleh para crewmate, di antaranya adalah memasang kabel, mengunduh dan mengunggah data, hingga menembak-nembak meteor.

Pemain juga dapat memanfaatkan akses bantuan seperti menggunakan Admin Map dan Security Camera, yang tersebar di dalam game. Kedua benda itu berfungsi untuk menunjukkan lokasi setiap pemain. Dengan demikian, crewmate bisa memantau gerak-gerik pemain lain yang berpotensi menjadi impostor.

Serupa dengan crewmates, pemain yang bertugas sebagai impostor juga memiliki misi-misi yang sama. Namun, impostor hanya perlu berpura-pura menyelesaikan misi agar tidak dicurigai oleh para crewmate.

Impostor turut dibekali dengan kemampuan khusus yang tidak bisa dilakukan oleh crewmate, seperti mampu berpindah tempat ke lokasi lain lewat ventilasi udara, melakukan sabotase untuk mengalihkan perhatian, hingga menutup akses pintu untuk menjebak crewmate.

Crewmate yang dibunuh impostor akan berubah menjadi hantu dan meninggalkan mayat. Hantu crewmate bisa menyaksikan jalannya permainan, namun tidak akan bisa berkomunikasi dengan pemain lain yang masih hidup.

Apabila ada mayat yang ditemukan, para pemain bisa melakukan diskusi untuk menentukan siapa terduga impostor tersebut.

Sistem akan memberikan pemain waktu selama 75 detik untuk menjalankan diskusi. Diskusi inilah yang sering disebut 'menguji persahabatan', karena pemain bisa saling tuduh satu sama lain. Sesama pemain dapat menebak-nebak pemain yang dicurigai sebagai seorang impostor.

Pemain bisa memanfaatkan fitur chat yang ada di dalam game atau menggunakan aplikasi Discord.

Pemain yang bertindak sebagai impostor harus pandai berakting dan mengelak apabila ia dicurigai agar tidak ketahuan.

Dalam diskusi inilah pemain akan melakukan voting untuk menentukan siapa terduga impostor yang akan dikeluarkan dari pesawat.

Pemain dapat memilih untuk menyeleksi pemain lain atau bersikap netral dengan menekan tombol 'Skip vote'.

Pemain dengan suara terbanyak akan dieliminasi dan identitas pemain tersebut akan terungkap. Apabila ternyata yang dieliminasi adalah crewmate, maka impostor akan tetap dapat menjalankan perannya untuk terus membunuh crewmate satu per satu.

____________________________________________________________________________

Cara singkat bermain game ini di Android atau iOS:

  1. Unduh atau download terlebih dahulu game-nya di PlayStore atau Appstore;
  2. Setelah terinstal, langsung saja buka game dan pilih "online" untuk bermain dengan pemain dari seluruh dunia;
  3. Di bagian atas, ada pilihan untuk mengganti nickname;
  4. Anda bisa membuat room sendiri dengan memilih "create game";
  5.  Anda juga bisa ikut dalam room yang sudah dibuat orang lain atau teman dengan pilih "find game";
  6. Pilih salah satu room untuk mulai bermain;
  7. Saat sudah masuk ke dalam room, tunggu sampai host memulai permainannya.

(OH, 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar